Berita

Kunjungan ke Perpustakaan ITB dan Telkom University Library

Jum'at/27 Juli 2018 Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan 2 kunjungan ke Perpustakaan di Bandung. Kunjungan pertama di Institut Teknologi Bandung (ITB). Sharing kegiatan masing-masing perpustakaan semakin menghangatkan suasana. Ibu Lusi Marliana Nurani, Wakil Kepala Perpustakaan ITB menuturkan untuk memaksimalkan perannya, Perpustakaan ITB melakukan kebijakan mewajibkan kegiatan user education sebagai syarat menjadi anggota perpustakaan. Selain itu, Perpustakaan ITB juga melakukan kolaborasi dengan berbagai elemen di lingkungan kampus seperti kajian rutin matematika yang dibuka untuk umum.

Kunjungan kedua ke Telkom University Library. Pemaparan Ibu Rika mengenai konsep open library sangat menarik, yakni mengenai open for any kind of knowledge, open for sharing catalog and resources with other institutions, open for everyone who want to learn and share. Telkom University Library berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pemustakanya melalui tata kelola perpustakaan meliputi desain dan bangunan, koleksi dan SDM perpustakaan yang sudah terkelola dengan baik.

Dari dua kunjungan tersebut dapat diambil benang merahnya bahwasanya perpustakaan wajib berinovasi agar sejalan dengan kebutuhan referensi pemustaka melaui inovasi koleksi (cetak, digital), inovasi layananan (user education, literasi informasi, cek plagiarisme, unggah mandiri) desain ruangan, tata kelola perpustakaan serta infografis yang menarik. (ap)