Berita

Laporan Pertanggungjawaban Pengembagan Koleksi TA 2017/2018

Selasa/06 November 2018 Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan laporan pertanggungjawab pengembangan koleksi TA 2017/2018 yang dilaksanakan di Meeting Room UAD 2B. Kegiatan yang dihadiri oleh kaprodi atau yang mewakilinya berjalan dengan lancar. Pengembangan koleksi merupakan kegiata rutin yang melibatkan prodi dalam penentuan koleksi apa yang hendak disediakan di perpustakaan dalam menunjang perkuliahan. Tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pengembangan koleksi tidak membatasi dengan koleksi cetak, lebih dalam lagi koleksi dalam bentuk digital baik e-book maupun e-jounal sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat dielakkan.

Senada dengan program pengembangan koleksi, Kepala Perpustakaan Bapak Drs. Tedy Setiadi, M. T menghimbau kepada kaprodi dan jajarannya untuk memotivasi mahasiswanya untuk mengikuti kegiatan pelatihan literasi yang terbagi kedalam 3 jenis materi. Pertama, penelusuran database online (akses e-journal, e-book, dll) dengan cara registrasi ke bit.ly/perpusuad2 yang dilaksanakan setiap  hari senin. Kedua, academic writing (pembuatan daftar isi, sitasi, daftar pustaka, penomoran halaman, pengenalan software palgiarisme) dengan cara registrasi ke bit.ly/perpusuad3 yang dilaksanakan setiap  hari rabu. Ketiga, mendeley dengan cara registrasi ke bit.ly/perpusuad4 yang dilaksanakan setiap hari jum'at.

Besar harapan dengan keikutsertaan mahasiswa dalam kegiatan literasi informasi, koleksi yang ada di perpustakaan akan lebih termaksimalkan keberadaannya. Lebih dalam lagi, perpustakaan berupaya untuk dekat dengan sivitas akademika baik berupa sajian koleksi relevan, update, dan valid maupun dengan program-program kegiatan rutin lainnya. (ap)