Berita

Library Orientation Mahasiswa Angkatan 2018

Tanggal 03-29 September 2018 Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) telah menyelenggarakan Library Orientation (LO) yang diperuntukkan bagi mahasiswa baru angkatan 2018. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mendapat animo yang sangat baik. Kegiatan yang diaksanakan di kampus 4 lantai 1 sisi barat ini telah diikuti 5.237 mahasiswa yang terbagi setiap harinya kedalam 4 sesi. Seperti yang dituturkan oleh Kepala Perpustakaan UAD, bahwasanya program ini adalah sarana untuk memaksimalakan keberadaan perpustakaan dalam menunjang perkuliahan. Transisi mahasiswa baru dari  SMA ke dunia perkuliahan juga akan mempengaruhi persepsi mereka tentang perpustakaan. Peluang tersebut dimanfaatkan Perpustakaan UAD untuk berbagi informasi kepada mahasiswa baru mengenai cara peminjaman/pengembalian buku dan kunci loker, program perpustakaan (reward pengunjung terajin dan peminjam terbanyak/semester, lomba kreativitas mahasiswa: fotografi, karya tulis ilmiah, bedah buku,  pemilihan duta baca dan diskusi ilmiaH), fasilitas serta tata tertib dan sanksi.

Bagi mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan ini, mereka langsung teraktivasi keanggotaan perpustakaannya. Mereka sudah dapat memaksimalkan peminjaman buku sebanyak 5 eksemplar/mahasiswa, peminjaman kunci loker dan memaksimalkan akses database perpustakaan. Sebaliknya, bagi mahasiswa yang belum mengikuti kegiatan LO status keanggotaan perpustakaannya masih belum aktif. Perpustakaan UAD memberikan tambahan waktu  setiap hari  Senin selama bulan Oktober 2018 (tanggal 01, 08,15, 22 dan 29) dengan pilihan waktu antara pukul 08.45-10.25 atau 12.30-14.10 WIB. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Ruang Literasi Lantai 2 Kampus 3. Harapannya, mahasiswa yang belum mengikuti LO di bulan September tetap mendapatkan hak yang sama dan melakukan registrasi terlebih dahulu di bit.ly/perpusuad1.

Sedangkan tindaklanjut dari kegiatan LO, Perpustakaan UAD memberikan kesempatan bagi mahasiswa di setiap angkatan untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan pelatihan Literasi Informasi (LI). Hampir sama dengan kegiatan LO, mahasiswa yang minat mengikuti kegitan pelatihan LI dapat registrasi di bit.ly/perpusuad2 untuk materi penelusuran database onlinebit.ly/perpusuad3 untuk materi academic writing: pemaksimalan ms word dan plagiarisme serta bit.ly/perpusuad4 untuk materi reference manager dengan mendeley. Perpustakaan UAD mempunyai harapan untuk semakin bersinergi dengan sivitas akademika UAD khususnya perihal pemenuhan referensi perkuliahan. (ap)