Berita

Pelatihan Literasi Informasi Dasar Prodi Magister Pendidikan Vokasi

Pelatihan Literasi Informasi (LI) merupakan inovasi layanan Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Layanan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi yang dimiliki oleh Perpustakaan UAD, baik yang berasal dari pembelian maupun hasil kerjasama dalam bentuk cetak maupun digital. Pelatihan LI sesi 4 dimulai pada hari Sabtu tanggal 30 September 2017 di Ruang Literasi Kampus 3. Pelatihan Literasi Dasar berjalan lancar atas kerjasama dari Prodi Magister Pendidikan Vokasi (MPV).

Pemateri pertama yakni Bapak Kepala Perpustakaan UAD Bapak Tedy Setiadi, M. T. Beliau menjelaskan dan memaparkan mengenai pemaksimalan digilib library UAD (digilib.uad.ac.id). Pemustaka dapat memaksimalkan portal ini sebagai gerbang untuk mengeksplor keleksi yang dikehendaki. Kemudahan akses adalah prinsip yang diusung Perpustakaan UAD.

Pemateri kedua yakni Gretha Prestisia RK, M. IP menjelaskan perihal link/tautan yang ada di digilib.uad.ac.id yang dapat dimanfaatkan. Kerjasama yang telah dilakukan oleh Perpustakaan UAD memudahkan pemustaka untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber, tidak terbatas dengan koleksi yang dimilki oleh Perpustakaan UAD.

Pemateri terakhir yakni Ana Pujiastuti, SIP yang berbagi kepada peserta perihal Bolean Operator sebagai alat bantu dalam pencarian informasi di internet dan pemaksimalam Ms. Word. Pemaksimalan informasi dan Ms Word yang terlihat sederhana dan sudah terbiasa jika dikaji secara serius akan membantu pemustaka secara optimal dalam penulisan tugas perkuliahan.

Sharing informasi berjalan seru dan mengasikkan dilatarbelakangi kedua pihak dari pemateri maupun peserta berbagi pengalaman yang dimiliki. Keaktifan peserta juga diperlukan dalam mensukseskan dan memaksimalkan kegiatan Pelatihan Literasi Informasi. (ap)