Berita

Pelatihan Pembuatan Web SD se-PDM Gunung Kidul

Kegiatan literasi informasi yang dilakukan oleh perpustakaan UAD tidak sebatas dilaksanakan di lingkungan kampus. Seperti halnya pada tanggal 13 Juni 2017 berupa kegiatan sharing informasi yang dilaksanakan di daerah Kabupaten Gunung Kidul. UAD bekerja sama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) mengadakan kegiatan Pelatihan Pembuatan Web yang dilaksanakan di MI Muhammadiyah Al Mujahidin.

Bapak Drs. Tedy Setiadi, M.T selaku pemateri pertama menerangkan bahwa dalam pembuatan dan pengembangan web dilakukan dengan beberapa tahapan antara lain: koordinasi pelaksanaan, sosialisasi pengembangan web, pelatihan pembuatan dan pengelolaan web, proses pendampingan pengisian konten web, monitoring website yang sudah di-online-kan, update konten dan yang terakhir adalah adanya penyampaian hasil rekomendasi. Fungsi dari pengembangan web adalah visualisasi materi, interaksi siswa dan fleksibilitas waktu dan tempat belajar.

Pemateri kedua yakni Bapak Fiftin Noviyanto, S. T., M. Cs. menambahkan bahwa saat ini masih ada yang menggunakan blogspot, wordpres yang sifatnya free sehingga kontennya sangat terbatas dan untuk penulisan url pada subdomain-nya tidak bisa diberi tambahan sch, ac, ed, dll. Syarat pembuatan domain adalah menunjukkan KTP yang bertanggung jawab dalam pembuatan web dan akte pendirian sekolah. Tujuan kegiatan pengabdian ini bagi sekolah yang sudah memiliki web maka dapat meng-upgrade fungsionalitas web yang sudah ada namun bagi yang belum memiliki web dapat menyediakan template website yang dapat digunakan untuk media promosi sekolah.

Pemateri terakhir yakni Bapak Yana Hendriana ST., M. ENG menambahkan untuk kepemilikan domain jika berlangganan berbayar tergantung dengan kapasitas ruang servernya. Bila menginginkan domain gratis maka tidak bisa pakai sch. Sedangkan peraturan terbaru mewajibkan setiap sekolah dalam domain-nya ada sch. Ada info kominfo memberikan 1 juta domain gratis untuk tahun pertama, untuk tahun berikutnya ya harus berlangganan, paparnya. Proses pendaftaran domain cukup lama karena kominfo harus melakukan pengecekan dan keabsahan domain tersebut. Apabila ingin membeli domain beli yang dasar dulu yang besar kapasitasnya 1-5 Gb kira – kira Rp 300.000 dan untuk tahun berikutnya bisa di-upgrade lebih besar, pungkasnya.

Akhir dari kegiatan ini, ketiga pemateri memberikan penawaran kepada peserta untuk mengikuti pelatihan pembuatan website di Lab. Kampus UAD di bulan Juli 2017. Pelatihan akan dilaksanakan sesuai dengan waktu dan tanggal yang telah disepakati oleh seluruh peserta dan pematei. Harapannya dengan pemaksimalan website, proses kegiatan sekolah akan lebih mudah, efektif dan efisien. (zlf)