Berita

Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Masjid se-PCM Kotagede

Yogyakarta – Hari Ahad, Tanggal 5 Maret 2017 Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan bekerjasama dengan Mahasiswa KKN Alternatif 54 mengadakan program pengabdian masyarakat berupa Pelatihan Pengelolaan Pepustakaan Masjid di wilayah PCM Kotagede. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Nurul Huda, Purbayan Kotagede. Dalam acara ini juga dihadiri oleh Ketua PCM Muhammadiyah Kotagede Bapak H. Darwinto serta Takmir Masjid di wilayah PCM Kotagede.

Dalam sambutannya, Kepala Perpustakaan Univeristas Ahmad Dahlan Bapak Drs. Tedy Setiadi, M.T mengatakan masjid diharapkan menjadi mitra lembaga pendidikan formal (sekolah) yang memiliki kepedulian terhadap masa depan generasi yang akan datang, salah satunya dengan hadirnya perpustakaan. Perpustakaan merupakan sarana sumber belajar yang efektif untuk menambah pengetahuan melalui beraneka bacaan. Pemberdayaan perpustakaan masjid merupakan salah satu upaya meningkatkan minat baca masyarakat.

Ana Pujiastuti, SIP memberikan materi mengenai Peran Perpustakaan Masjid Bagi Masyarakat. Dari pemahaman pentingnya pengelolaan masjid akan tumbuh kesadaran bagi jamaah untuk menghidupkan dan membuat program menarik jamaah untuk memanfaatkan koleksi. Keterlibatan jamaah dalam pengelolaan perpustakaan masjid berimbas dengan rasa memiliki dan akan berdampak terhadap dukungan tiada akhir. Dengan demikian terjadi simbiosis mutualisme yakni perpustakaan mampu mencerdaskan jamaah dan jamaah yang akan menjamin keberlangsungan perpustakaan.

Tidak hanya mengenai teori, pelatihan kali ini juga memberikan pemahaman secara langsung (praktek) bagaimanana mengolah koleksi (buku dan majalah) dari awal hingga akhir. Materi praktek ini dipandu oleh Gretha Prestisia RK, M. IP ini terbagi menjadi 4 kelompok. Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk mengolah satu buku baru yang sudah disediakan. Praktek langsung meliputi pemahaman inventarisasi, klasifikasi , label, dll. Harapan dari pelatihan ini, peserta tidak sebatas paham namun termotivasi untuk menghidupkan perpustakaan masjid di lingkungannya.    

Pengelolaan Perpustakaan Masjid secara baik dan benar sangatlah penting karena perpustakaan masjid merupakan potensi kekuatan umat yang luar biasa, yang jika dikelola dan dimanfaatkan dengan baik dapat menjadi informasi yang tidak pernah kering. Dengan pengelolaan koleksi dan layanan yang baik, akan terwujud sebuah komunitas belajar sepanjang hayat yang berpotensi menjadikan umat Islam sebagai umat yang unggul, tidak sebagai individual tetapi secara kolektif. (ft/ap)