Berita

Pelatihan Unggah Laporan KKN Program Alternative LVI 2016 - 2017

Senin - Jumat, tanggal 10 – 15 Juli 2017 dilaksanakan kegiatan pelatihan unggah laporan KKN mandiri di repository eprints. Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di ruang literasi UAD kampus 3. Kegiatan ini berlangsung sejak setahun yang lalu di mana perpustakaan UAD telah bekerja sama dengan LPM UAD, bahwa setiap laporan KKN wajib diunggah di repository eprints. Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa KKN Program Alternatif LVI sebanyak 62 kelompok yang nantinya masing – masing kelompok minimal ada 2 perwakilan untuk mengikuti pelatihan tersebut. Tiap sesi pelatihan diikuti oleh 12 kelompok dan 14 kelompok. Acara pelatihan berlangsung selama 90 menit dan acaranya berjalan lancar.

Materi pelatihan yang disampaikan terkait tentang bagaimana cara mengunggah laporan KKN, diantara:

  1. Tahap penyusunan laporan (menentukan format pengunggahan laporan dibuat PDF dan terdiri dari 2 file : JUDUL dan ISI LAPORAN
  2. Tahap unggah di sistem repository:
  3. Buat akun di bit.ly/registrasieprints
  4. Login
  5. Penentuan jenis tulisan (item type)
  6. Proses pengunggahan (upload)
  7. Tahap detail (berisi tentang mendiskripsikan laporan yang diunggah baik judul, pengarang, dll)
  8. Tahap subyek (menentukan berdasarkan subyek dari tulisan tersebut)
  9. Tahap deposit (tahap terakhir, setelah semua fik langsung klik deposit item new)
  10. Setelah selesai unggah, maka nanti minta bukti unggah laporan KKN di perpustakaan (ruang literasi UAD kampus 3)

Selain proses pengunggahan, peserta pelatihan juga diberikan materi tentang cara pencarian karya ilmiah di repository eprints.

Berlangsungnya kegiatan pelatihan unggah mandiri ini, harapannya menjadikan langkah awal dalam pengembangan koleksi repository dan semoga dapat meningkatkan webometrik perguruan tinggi UAD.  (zlf)