Berita

Seminar Manajemen Pengelolaan Jurnal Ilmiah dan Pelatihan Aplikasi Perpustakaan Digital

Senin/26 November 2018 Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan kegiatan seminar dan pengenalan aplikasi perpustakaan digital. Kegiatan yang diselenggarakan di Meeting Room UAD 2B ini berjalan lancar dengan dihadiri oleh para pustakawan perguruan tinggi di wilayah Yogyakarta. Dalam sambutannya, Bapak Drs. Tedy Setiady, M. T selaku Kepala Perpustakaan UAD mengatakan bahwa era ini pustakawan diberikan pilihan untuk lebih aware terhadap kebutuhan pemustaka yang masuk dalam katagori generasi milenial. Salah satu upaya menjawab tantangan bagi pustakawan di era ini yakni memahami sumber-sumber digital yang tidak dapat dikesampingkan keberadaannya.

Bapak Tole Sutikno, S. T., M. T., Ph. D menjadi narasumber dalam acara yang pertama yakni "Seminar Manajemen Pengelolaan Jurnal Ilmiah". Bagi sebagian pustakawan informasi mengenai pengelolaan jurnal ilmiah merupakan wawasan yang baru yang dapat dijadikan layanan tambahan di perpustakaannya. Mengingat konotasi yang ada perpustakaan identik dengan buku cetak. Pustakawan dapat berinovasi mengembangkan skill untuk memperkaya koleksi di perpustakaan khususnya digital. Keahlian dan keterampilan yang dimilki pustakawan dalam menyediakan sumber-sumber digital dan mengkomunikasikan ulang kepada pemustaka adalah sebuah prestasi. Hal  tersebut dapat menjadi magnet bagi pemustaka untuk mengunjungi perpustakaan, lebih dalam lagi image perpustakaan yang kuno dan pustakawan yang "nyaman" dibalik meja layanan akan tergeser dengan sendirinya.

Acara kedua yakni “Pelatihan Aplikasi Perpustakaan Digital” yang dipandu oleh Tim Kubuku. Kubuku hadir sebagai e-resources yang menghadirkan aplikasi perpustakaan digital dengan konsep yang lebih memahami kebiasaan dan kebutuhan dalam membaca buku seperti menandai buku, memberi catatan, dll. Adanya pemanfaatan e-resources tersebut menjadi jalan keluar bagi perpustakaan yang memiliki keterbatasan ruangan maupun meluapnya animo kebutuhan referensi mahasiswa.

Besar harapan dengan diadakannya kedua kegitan tersebut, Perpustakaan UAD mampu berkontribusi dalam menjalin silaturahmi antar perpustakaan perguruan tinggi khususnya dalam penyebaran informasi terkini dan dapat bersinergi mengembangkan kemajuan dunia perpustakaan di Indonesia.(ap)