Berita

Sniper 2017

Kamis-Sabtu/16-18 November 2017 Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) Lampung bekerjasama dengan Universitas Lampung (Unila) mengadakan Seminar Nasional Invovasi Perpustakaan (Sniper) 2017 dengan tema Perpustakaan sebagai Inkubator Inovasi dan Kreativitas SDM dan Teknologi Informasi. Hari Kamis-Jum’at kegiatan ini dilaksanakan di Swiss Bel Hotel Bandar Lampung dan di hari Sabtunya kegiatan ini diakhiri dengan Cultural Tour di Pulau Pahawang.

Pustakawan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil lolos dalam kegiatan Calls for Paper dalam kegiatan ini dan diberikan kesempatan untuk berpartsipasi menjadi pemakalah. Pertama, Bapak Drs. Tedy Setiadi, M. T yang mempresentasikan tulisan dengan judul “Pengembangan Sistem Authoring Tools untuk Publikasi Jurnal Ilmiah Berbasis Web. Presenter kedua yakni Gretha Prestisia RK, M. IP pustakawan kampus 2 UAD yang mempresentasikan tulisan dengan judul “System Librarian: Peran Baru Pustakawan dalam Pengelolaan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Pustakawan ketiga yakni Nanik Arkiyah, M. IP yang mempresentasikan tulisan dengan judul “Outing Class: Kolaborasi Guru dan Pustakawan dalam Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik”. Presenter terakhir yakni Ana Pujiastuti, SIP yang mempresentasikan tulisannya dengan judul “ Evaluasi Usability Portal Unggah Mandiri Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi PGSD).

Kegiatan ini memberikan jalan bagi pustakawan untuk mengembangkan kemampuan melalui tulisan dan karyanya yang dapat dijadikan media sharing informasi dan mengembangkan keilmuan khususnya ilmu kepustakawanan. Lebih dalam lagi, ajang ini sebagai media silaturahmi dan berjejaring antar Perpustakaan se-Indonesia. Dampak jejaring inilah yang mengantarkan perpustakaan dan pustakawannya tergerak untuk membuka diri, ber-inovasi dan menyesuaikan dengan kebutuhan pemustakanya. Hal inilah yang kelak melatarbelakangi perpustakaan sebagai mitra kolaboratif bagi pemustakanya dalam arti sesungguhnya. (ap)