Berita

Stock Opname 2017

Dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas layanan perpustakaan, tanggal 14 Agustus-02 September 2017 Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Kampus 1, Kampus 2, Kampus 3 dan Kampus 5 serentak melaksanakan kegiatan stock opname. Selama kegiatan berlangusng layanan peminjaman buku ditiadakan. Perpustakaan UAD hanya membuka layanan pengembalian buku dan bebas perpustakaan.

Stock opname merupakan bentuk kegiatan untuk melakukan penghitungan ulang dan pencocokan koleksi perpustakaan dengan sistem perpustakaan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui jumlah rill koleksi perpustakaan. Dengan demikian pasca stock opname dapat diketahui jumlah koleksi yang masih tersimpan ataupun yang sudah tidak diketahui fisiknya.

Dari koleksi yang masih tersimpan akan didapati koleksi yang berkondisi baik, rusak ataupun koleksi yang masuk dalam katagori weeding. Koleksi yang masih dalam keadaan baik, maka koleksi tersebut langsung di tata ulang di rak. Sedangkan untuk koleksi yang masuk dalam katagori rusak, maka koleksi tersebut harus dikeluarkan dari rak untuk diperbaiki yang selanjutnyapun akan kembali ke rak semula. Hal lain dengan koleksi dalam katagori weeding, jika koleksi sudah tidak relevan dengan kelimuan masa kini ataupun sudah tidak bermanfaat bagi pemustaka maka koleksi tersebut ditarik dari rak dan hanya disisakan 1-2 eksemplar.

Kegiatan stock opname sangat efektif sebagai media untuk peningkatan keilmuan sivitas akademika UAD dengan cara penyediaan koleksi yang relevan, valid dan berkualitas. Harapannya, koleksi yang berkualitas yang tersaji di perpustakaan mampu menjadi pendorong pengembangan khasanah keilmuan dan peningkatan mutu sivitas akademika UAD. (ap)