Berita

Tindaklanjut Kerjasama LIPI dan Perpustakaan Nasional

Berkembangnya Teknologi Informasi (TI) memberikan peluang bagi semua lini untuk berjejaring, seperti halnya dengan Perpustakaan UAD yang menjalin kerjasama ke Pusat Dokumentasi Ilmiah Indonesia: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PDII LIPI). Selasa/13 Maret 2018 Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) diwakili oleh Drs Tedy Setiadi, M. T (Kepala Perpustakaan), Gretha Prestisia RK, M. IP (Pustakawan Kampus 2) dan Ana Pujiastuti (Pustakawan Kampus 5). Mempuyai peranan sebagai tempat dalam temu kembali informasi kelimuan se-Indonesia menjadikan PDII LIPI kaya sumber informasi. Hal tersebut yang melatarbelakangi Perpustakaan UAD menjalin kerjasama dalam pemanfaatan koleksi. TI menggeser koleksi cetak ke digital sehingga informasi mudah untuk diakses, sama halnya dengan koleksi yang ada di PDII LIPI. Semangat kemudahan akses kolesi digital inilah yang diusung Perpustakaan UAD kurun waktu terakhir, hal tersebut bersinergi dengan pelayanan PDII LIPI yang terbuka dalam pengaksesan informasi yang ada dalam database-nya.

Tujuan selanjutnya, Rabu/14 Maret 2018 perwakilan Perpustakaan UAD mengunjungi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan No. 4 Jakarta 10110 dan Jalan Salemba Raya No. 28A Jakarta 10430. Selain untuk menyegarkan kerjasama yang selama ini sudah terjalin, tujuan lain yakni menindaklanjuti tentang program Perpusnas mengenai pengembangan karier pustakawan dan fungsional. Hasil kerjasama tersebut memberikan kesempatan bagi Pustakawan UAD untuk mengembangkan karier kepustakawanannya. Kemajuan TI menggeser paradigma yag selama ini tercipta bahwa pustakawan hanya sebatas penjaga buku.

Kini, pustakawan memiliki banyak tantangan dapat mengimbangi kebutuhan informasi pemustakanya. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan recharge ilmu dan informasi yang dapat diperoleh dari program-program Perpusnas. Harapan dari rangkaian kunjungan ke PDII LIPI dan Perpusnas, Pustakawan UAD memiliki kesadaran untuk mengembangkan keilmuan untuk memudahkan temu kembali informasi sivitas akademikanya dan kepentingan kemajuan karier pustakawannya. Jika Perpustakaan UAD maju, maka otomatis UAD semakin bersinar. (ap)