Berita

ToT Literasi Informasi Dasar bagi Pustakawan

Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) bagi pustakawan pada hari Selasa, 05 Desember 2017. Bertempat di ruang literasi UAD Unit 3 kegiatan ini berjalan lancar. Dihadiri oleh pustakawan baik dari Unit 1, 2, 3, 5, 6 dan Perpustakaan Tarjih. Kegiatan ToT dimaksudkan untuk menyegarkan kembali kemampuan pustakawan dalam menyampaikan materi pelatihan literasi yang selama ini menjadi backbone dari layanan Perpustakaan UAD.

Senada dengan sambuatan Bapak Drs. Tedy Setiadi, M. T yang mengungkapkan jangka panjangnya dari kegiatan ToT ini, perpustakaan akan menggandeng prodi untuk lebih maksimal bekerjasama dalam menyebarluaskan informasi yang dimiliki Perpustakaan UAD beserta teknik dan stategi penemuannya. Harapannya sivitas akademika akan lebih mudah dalam menemukan informasi dan mengembangkannya, meminimalisir menjiplak karya orang lain, memudahkan dalam pemenuhan sumber referensi yang akurat dan valid, serta keuntungan lainnya yang dijadikan pijakan perpustakaan untuk mengembangkan layanannya.

Sudah saatnya pustakawan UAD berbenah dan menyesuaikan dengan karakteristik pemustakanya. Generasi milineal membutuhkan informasi yang mudah, cepat tanpa ribet. Sudah menjadi sejarah jika pustakawan jaman now nyaman di balik meja kerja. Kini pustakawan UAD bersiap dan berproses untuk mengembangkan diri salah satunya dengan mengikuti kegiatan ToT Literasi Informasi Dasar. Wakil dari Tim Literasi Perpustakaan UAD yakni Ana Pujiastuti, SIP berbagi informasi, tips dan triknya kepada pustakawan UAD dalam proses kegiatan pelatihan literasi dasar yang selama ini sudah berjalan. Harapannnya semua pustakawan UAD mampu menjadi tentor dalam setiap kegiatan literasi di unit masing-masing. Hal ini sebagai salah cara diseminasi sumber informasi di lingkungan UAD secara merata dan bersama. (ap)