Berita

Workshop dan Uji Kompetensi Pustakawan se-PDM Kota Yogyakarta

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Ahmad Dahlan bekerjasama dengan Majelis Dikdasmen PDM Kota Yogyakarta menyelenggarakan Workshop dan Uji Kompetensi bagi Pustakawan Sekolah Muhammadiyah di lingkungan PDM Kota Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22-25 Januari 2018. Dalam sambutannya Bapak Dr. Mohamad Joko Susilo, M. Pd memberikan arahan pentingnya uji kompetensi pustakawan dalam menunjang akreditasi sekolah.

Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) diberikan amanah sebagai pihak pemateri. Hari pertama, Bapak Drs. Tedy Setiadi, M. T menjadi pemateri pertama yang memberikan materi mengenai Manajemen Perpustakaan Sekolah.Pemaparan kepala Perpustakaan UAD ini sangat menarik dan mengupas serba-serbi  tugas pokok fungsi sebagai kepala perpustakaan. Adanya arahan dari pemaparan materi Manajemen Perpustakaan ini memberikan angin segar dan wawasan bagi peserta dalam proses merancang pengelolaan perpustakaan sekolah secara maksimal. Pemateri kedua yakni Nanik Arkiyah, M. IP memberikan materi mengenai Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka. Antusias dari peserta sangat terlihat dari banyaknya respon dalam proses pemaparan materi ini.

Hari kedua, Gretha Prestisia RK, M. IP menjadi pemateri pertama dengan judul Pelayanan Perpustakaan dan Pemasyarakatan Perpustakaan. Kedua topik ini erat kaitannya dengan strategi untuk menyebarluaskan inforamasi yang dimiliki perpustakaan. Harapannya dengan pengetahuan yang didapat dapat diaplikasikan di perpustakaan peserta, sehingga pemanfaatan koleksi dapat termaksimalkan. Sedangkan Ana Pujiastuti, SIP menjadi pemateri kedua dengan memberikan materi mengenai Pengembangan Karir Pustakawan melalui Karya Tulis dan Pelestarian Bahan Pustaka. Hal menarik dalam materi karya tulis ini peserta diajak untuk membuat tulisan sederhana yang dapat dikembangkan di kemudian kelak terkait dengan tema perpustakaan. Kemauan dan kemampuan pustakawan untuk menuliskan ide, gagasan mengenai profesi ini kelak menjadi kekayaan yang dapat mengembangkan khasanah keilmuan perpustakaan.

Materi hari ketiga, para peserta yang terdiri dari Pustakawan Sekolah Muhammadiyah se-PDM Kota Yogyakarta mengunjungi Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Yogyakarta dan Perpustakaan SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Kunjungan lapangan ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan kepada 18 peserta mengenai layanan perpustakaan di luar sekolahnya. Khususnya pelestarian koleksi yang tidak semua perpustakaan melakukan kegiatan tersebut. Kegiatan ini ditutup di hari keempat dengan materi Uji Kompetensi yang diselenggarakan di Meeting Room UAD Unit 2B. Harapan diadakan kegiatan ini para peserta dapat memenuhi standar uji kompetensi dan dinyatakan lolos yang akan berimbas terhadap kualitas pustakawan. (ap)