Berita

Workshop Penyusunan Program Kerja Perpustakaan

Rabu/ 19 Desember 2018 Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan Workshop Penyusunan Program Kerja Perpustakaan. Bertempat di Hotel Fave kegiatan yang dimulai dari pukul 09.00-16.00 WIB berjalan dengan lancar. Agenda pembahasan dari kegiatan ini meliputi kegiatan yang hendak dilakukan di Perpustakaan UAD selama TA 2018/2019. Dalam sambutannya, Bapak Drs. Tedy Setiadi, M. T selaku Kepala Perpustakaan UAD menyampaikan dalam sambutannya bahwa Perpustakaan UAD sudah saatnya berbenah untuk menyelaraskan dengan kebutuhan pemustaka berupa ketersediaan koleksi yang relevan dengan kebutuhan pemustaka serta layanan penunjang lainnya yang hendak ditingkatkan.

Workshop Penyusunan Program Kerja Perpustakaan dibagi menjadi 4 tim. Pertama, tim literasi informasi yang terdiri dari Ana Pujiastuti, SIP, Zulfa Erlin Muflihah, SIP, dan Naning Wardani. Kini Perpustakaan UAD berupaya untuk bebenah agar kegiatan ini dapat menyasar ke seluruh mahasiswa, merata dan lebih tersistem. Program ini merupakan inovasi layanan perpustakaan yang hadir sejak tahun 2016 yang terdiri dari 3 materi pelatihan. Mahasiswa dapat mengikuti pelatihan dengan cara registrasi ke bit.ly/perpusuad2 berupa penelusuran database online (digilib, jurnal UAD, IPI, LIPI, JLA, Perpusnas, Eprints), strategi penelusuran informasi online, boolean operator. bit.ly/perpusuad3 untuk materi academic writing yang berisi mengenai pemaksimalan ms. word dan pengenalan pemanfaatan software kesamaan kata (similarity dengan ithenticate). bit.ly/perpusuad4 untuk materi pengelolaan reference manager dengan aplikasi mendeley.

Kedua, tim sistem informasi perpustakaan yang terdiri dari Tunggal Pribadi dan Gretha Prestisia RK, M. IP. Tim ini memaparkan mengenai pengembangan kebutuhan system informasi di perpustakaan, yang terdiri dari digilib, simpus, perpustakaan mobile, web perpustakaan, dan eprints. Ketiga, tim pengembangan koleksi perpustakaan yang terdiri dari Nanik Arkiyah, M. IP, Uvan Susani, S. Pd. I, Yusti Sugini. Tim ini membahas bagaimana cara agar ketersediaan koleksi yang ada di Perpustakaan UAD baik cetak dan digital dapat termanfaatkan secara maksimal. Keempat, tim proses bisnis dan penjaminan mutu yang terdiri dari Anjas Alifah Bakry, M. A, Subagio, A. Md, Tri Sundari dan Endang Bekjo Sukeni. Tim membahas mengenai aturan atau panduan jalannya semua kegiatan di Perpustakaan UAD, dengan harapan semua terdokumentasi dengan rapi dan tertib. Kegiatan yang meliputi dari proses pengembangan koleksi serta layanan pemustaka (layanan sirkulasi, aliterasi informasi, check kesamaan kata dengan ithenticate, dll). Dengan adanya workshop ini, besar harapan kedepannya Perpustakaan UAD mampu bersinergi dengan sivitas akademika dalam upaya mendukung terwujudnya visi misi UAD. (ap)