KAHOOT SEBAGAI GAMES REVIEW
Menjadi tugas Pustakawan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) untuk mampu merekonstruksi pola pikir dalam melayani pemustaka. Gebrakan inovasi dapat dijadikan “layanan unggulan” Perpustakaan UAD sehingga mampu menjadi bagian dari keberhasilan study setiap pemustaka. Bentuk dari kegiatan tersebut salah satunya yakni Program Pelatihan Literasi Informasi.
Evaluasi disetiap Pelatihan Literasi Informasi menggunakan aplikasi Kahoot. Aplikasi ini mudah digunakan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelatihan. Selain menarik, aplikasi ini mendorong peserta untuk lebih mendalami materi pelatihan yang berujung terhadap pemahaman materi secara maksimal.
Isi dari games review ini disesuaikan dengan setiap jenis pelatihan yang dipilih oleh peserta. Pelatihan Literasi Dasar terdiri dari review database online baik yang dimiliki oleh UAD maupun ha sil kerjasama yang sudah terjalin sebelumnya. Materi Pelatihan Eprints berisi mengenai tata cara peng-upload-an artikel beserta pemahaman mengenai menu penting yang ada di Eprints. Sedangkan Pelatihan Literasi Lanjut games review-nya terdiri dari pengoptimalan Reference Manager Mendeley.
Akhir dari games review ini munculnya skor dan peringkat yang dapat digunakan sebagai indikator keberhasilan pelatihan. Sejauh penggunaan aplikasi ini, respon peserta sangat antusias. Hal tersebut yang menjadi pondasi Perpustakaan UAD untuk dapat dekat dengan kebutuhan referensi sivitas akademikanya. Salah satunya berinovasi membumikan gerakan literasi yang disesuaikan dengan karakter masyarakat yang dilayani yakni generasi milenial. (ap)