KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN UAD KE PERPUSTAKAAN UMS

Pada tanggal 15 November 2016, Perpustakaan UAD berkunjung ke Perpustakaan UMS (Universitas Muh. Surakarta). Kunjungan ini dalam rangka study banding atau sharing informasi terkait tentang Manajemen Mutu Standar ISO. ISO 9001:2000 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen mutu. ISO 9001:2000 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari sistem manajemen mutu.

Selama kunjungan berlangsung, kami membahas mengenai bagaimana caranya memperoleh ISO, bagaimana mempertahankannya, layanan fasilitas serta pengembangan perpustakaan baik secara manajemen maupun teknisnya.

Dalam kunjungan tersebut kami dijelaskan bagaimana ISO bisa diperoleh oleh perpustakaan UMS. Perpustakaan UMS mulai di ISO tahun 2011. Pertama kalinya kami diberikan pelatihan – pelatihan, kemudian pada waktunya perpustakaan UMS harus siap untuk di ISO. Dan Alhamdulillah, perpustakaan kami lulus di ISO. Untuk kritiria yang di ISO tidak semuanya, baru 8 kritiria yang dijadikan sebagai standar untuk di ISO yaitu: Kecepatan pembuatan kartu anggota, Kecepatan pengelolan koleksi pustaka, Kepuasan pemustaka, Keterpakaian koleksi perpustakaan, Kelancaran sirkulasi peminjaman koleksi, Perawatan koleski, Jumlah judul skripsi yang terunggah, Pengembangan digital library. Selain itu, kami juga ditampilkan beberapa data yang mendukung ISO dan langkah dalam menghitung jumlah keterpakaian koleksi baik cetak dan e-book.

Bicara perihal repository, perpustakaan UMS telah memberlakukan unggah mandiri pada tahun 2015. Dan dalam pengaksesan repository koleksi karya ilmiah (KKI), dengan mengetikkan kata kunci. Untuk menghindari plagiarism pemustaka hanya diperbolehkan mendownload naskah publikasi, halaman depan, BAB I dan daftar pustaka. Untuk melihat isi keseluruhan teks klik di bagian TAMPILAN FULLTEXT, dengan menggunakan akun SSO anda dan tampilan teks tersebut hanya bisa dibaca tidak bisa diunduh.  (informasi lengkapnya bisa kunjungi web http://library.ums.ac.id/. Untuk mencegah dari plagiasi, perpustakaan telah memiliki Turnitin.

Hal yang menarik adalah dalam pengaksesan jurnal online yang dilanggan oleh universitas dari luar jaringan wifi UMS.  Untuk mengaksesnya dengan register VPN. Register VPN dapat menggunakan dialer “UMS direct Acces Journal” yang telah disediakan oleh perpustakaan.

Selain itu, kami juga diajak tour mengunjungi setiap layanan yang ada di perpustakaan UMS. Perpustakaan UMS terdiri dari 3 lantai dan basement. Basement sebagai layanan teknis dan gudang. Lantai 1 sebagai layanan akses online (e-journal, layanan KKI), layanan administrasi, layanan muh. Corner, ruang pimpinan, ruang diskusi, mushola dan loker. Latai 2 sebagai layanan sirkulasi, layanan audio visual, ruang koleksi sirkulasi dan ruang diskusi. Lantai 3 sebagai layanan referensi, layanan periodical, layanan koleksi cadangan, layanan koleksi khusus, layanan copy center dan ruang diskusi. Untuk menjaga keamanan, perpustakaan UMS telah memakai sistem keamanan koleksi elektrik gate, sedangkan untuk otomasinya, perpustakaan UMS menggunakan software KOHA dari New Zealand yang prinsip kerjanya seperti SLIMS, karena Slims sendiri menyadur dari software KOHA.

Perpustakaan UMS sebagai center of academic activites akan selalu dan terus berusaha mengembangkan diri menjadi sebuah perpustakaan yang maju, modern dan dibutuhkan masyarakat. Perpustakaan UAD akan lebih maju dan akan mencoba menerapkan beberapa point terkait dengan pengembangan manajemen, teknis serta SDM-nya.(zlf)