PELATIHAN LITERASI INFORMASI MAHASISWA PASCASARJANA PENDIDIKAN MATEMATIKA, PENDIDIKAN MATEMATIKAN DAN MAGISTER PENDIDIKAN VOKASI

Seperti yang sudah berkali-kali disampaikan oleh Bapak Drs. Tedy Setiadi M.T (Kepala Perpustakaan UAD), bahwasannya literasi informasi adalah tulang punggung perpustakaan. Bagaimanapun juga, perpustakaan berkeharusan menjadi mediator antara isu informasi yang beredar dan pemustaka (mahasiswa). Oleh karena itu, dengan adanya pelatihan literasi informasi ini, harapan kami adalah menambah wawasan mahasiswa mengenai isu informasi yang berkembang melalui kegiatan pelatihan literasi yakni penelusuran informasi.

Pada tanggal 5 November 2016 bertempat di ruang literasi UAD Unit 3, kami mengadakan pelatihan literasi informasi bersama mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika yang di leader-i oleh Bapak Dr. Suparman selaku Wakil Dekan FKIP UAD. Beliau sangat apresiatif sekali terhadap kegiatan ini. Terlebih mahasiswanya yang sangat apresiatif dan beberapa mahasiswa menyampaiakan bahwasannya “kayaknya kita familiar sekali dengan materi ini, tetapi saya belum bisa mengimplementasikannya untuk menelusur informasi”. Dengan beberapa testimoni itu, menjadikan kami untuk selalu berbenah untuk semakin mengembangan materi pelatihan informasi.

Pada tanggal 9 November 2016 dengan mahasiswa bimbingan skripsi Bapak Dr. Suparman Prodi Pendidikan Matematika bertempat di ruang literasi UAD Unit 3 kami melakukan pelatihan literasi informasi lagi. Testimoni yang hampir mirip dikatakan oleh salah seorang mahasiswawa (kurang lebih ucapannya) “kok gak dari sejak semester awal to mbak ini disampaikan ke kami” dan kami dari perpustakaan hanya tersenyum dalam artian meskipun terlambat kami akan tetap memberikan yang terbaik dalam pemenuhan dan pelayanan informasi.

Di hari yang sama namun sesi berbeda, kami juga melakukan pelatihan terhadap mahasiswa Magister Pendidikan Vokasi. Pada sesi ini, mahasiswa tidak kalah antusiasnya. Pak Pur selaku leader berkali kami jadikan sebagai tutor setelah kami beri sedikit arahan. Namun hal tersebut malah terlihat keakraban antara perpustakaan dengan mahasiswa yang sebelumnya memandang perpustakaan isinya hanya buku. (tha)